• gambar
  • gambar
  • foto guru
  • marching band

Selamat Datang di Website SD MUHAMMADIYAH 1 WONOPETI. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SD MUHAMMADIYAH 1 WONOPETI

NPSN : 20402857

Wonopeti, Karangsewu, Galur, Kulon Progo, D.I.Yogyakarta


[email protected]

TLP : 0265656565


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 85099
Pengunjung : 34810
Hari ini : 37
Hits hari ini : 129
Member Online : 0
IP : 216.73.216.118
Proxy : -
Browser : Gecko Mozilla

Status Member

POHON PRESTASI MUTU




Ada hal yang kadang sering terlewat dalam pengamatan dan penilaian sebagai ukuran keberhasilan para pendidik terutama guru saat mengajar didalam maupun diluar kelas, yaitu aspek aspek yang bersifat pengambangan kemampuan literasi dan numerasi, kamampuan metakognitif, kemampuan sikap baik religius dan sosial, dan kemampuan ketrampilan berpikir tingkat tinggi.


 


*Aspek Literasi* bukan hanya kemmapuan membaca saja, namun juga termasuk didalamnya adalah kemampuan menulis, dan berbicara atau mengkomunikasikan ide sesuai tingkat usianya.


 


*Aspek Numerasi* adalah kemampuan memahami dan menggunakan matematika dalam berbagai konteks untuk memecahkan masalah, serta mampu menjelaskan kepada orang lain bagaimana menggunakan matematika sesuai dengan tingkat usianya. Pada siswa dapat dilihat dari kemampuan mencongak, memecahkan masalah masalah dalam kehidupan dengan menggunakan matematika.


 


*Sikap religiusitas* adalah keadaan dalam diri seseorang dalam merasakan dan mengakui adanya kekuatan tertinggi yang menaungi kehidupan manusia dengan cara melaksanakan semua perintah Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan menjauhi segala larangan-Nya sehingga hal ini akan mendorong seseorang untuk berbuat yang lebih baik sesuai dengan tingkat usianya. Sikap tersebut bisa dilihat dari tertib dalam shalat wajib, rawatib, dhuha, sunah, puasa, membaca Al Quran, menghafal Al Quran sesuai target hafalan dan bacaanya.


 


*Sikap sosial* adalah perilaku yang secara khusus ditujukan kepada orang lain baik secara indifidu maupun secara umum. Jika sikap sosial kurang bagus biasanya akan menimbulkan permasalahan indifidu atau sosial. Kemampuan ini bisa dilihat dari sikap jujur atau shidiq, dan amanah adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. Gotong royong adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai. Diisiplin adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai tata tertip dan tata krama. Toleransi adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang.


 


*Aspek pengetahuan metakognitif* merupakan kemampuan untuk mengontrol ranah atau aspek kognitif. Meta kognitif mengendalikan enam tingkatan aspek kognitif yang didefinisikan oleh Benjamin Bloom dalam taksonomi Bloom yang terdiri dari tahap ingatan, pemahaman, terapan, analisis dan sintetis dan evaluasi. Siswa bisa mengungkapkan kemampuan pengetahuanya dengan menyampaikan ide terhadap permasalahan yang ada sesuai dengan tingkat usianya.


 


*Aspek Kemampuan berpikir tingkat tinggi* merupakan pembelajaran yang melibatkan 3 (tiga) aspek keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu: transfer of knowledge, critical and creative thinking, dan problem solving. Siswa bisa menyampaikan ide maupun karya dengan penggabungan tiga aspek ketrampilan tersebut sesuai dengan tingkat usianya.


 


Kemampuan kemmapuan siswa tersebut dapat dilihat dalam kehidupan sosial dan masyarakat baik di sekolah maupun dirumah dengan cara siswa melaporkan dan atau aspek yang dilaporkan oleh orangtua maupun guru.


 


Guru kelas dapat menambahkan bintang prestasi mutu pada sekitar nama siswa pada pohon prestasi mutu yangvterletak didepan kelas.


 


Banyaknya bintang sudah tentu akan menunjukan bahwa nilai pohon prestasi siswa tinggi dalam hal aspek aspek yang telah dikemukakan diatas.


 


Dalam papan pohon prestasi mutu tercantum gambar pohon berikut pokok, batang dan daunya, sedangkan dalam kerumunan daun bisa diitulis nama atau ditempel foto siswa bunga dan buahnya bisa diisi dengan bintang dan atau bulan dan atau matahari dan atau juga bisa dengan gambar buah. Hal tersebut siswa dapat dirangsang kreatifitas dan pendapatnya agar papan pohon prestasi mutu nampak indah.


 


Secara teknis setiap siswa melakukan diantara hal aspek diatas kemudian dapat ditambahkan bintang prestasi mutu.


Oleh: Alip Mulyono, S.Pd., M.S.I.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :





   Kembali ke Atas